Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 16, 2012

Metode Analisis Dalam Komunikasi Massa

Selamat malam kawan-kawan yang kebetulan nyasar diblog saya yang sederhana ini. Mungkin salah satu alasan anda sampai ke artikel ini karena sedang kesulitan untuk menganalisis beberapa hal yang berkaitan dengan komunikasi massa khususnya media massa. Jadi, agar kawan-kawan tidak kecewa, saya akan membagikan informasi yang menurut saya bagus sebagai landasan paling mendasar ketika anda akan melakukan penelitian tentang komunikasi massa. Ok, tidak perlu berlama-lama basa-basinya, artikel ini sepenuhnya saya kutip dari Bapak Fajar Junaedi S.Sos, M.Si (Staf Pengajar Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, e-mail/friendster di my_fajarjun@plasa.com) Untuk mengkaji isi dan struktur media massa, ada empat metode yang dapat digunakan sebagai alat penelitian, yaitu analisis isi, analisis semiotika, analisis wacana dan analisis framing. Analisis Isi. Analisis isi (content analysis)  dilaksanakan dengan melakukan kuantifikasi terhadap sifat-sifat yang dikandung isi m

Internet Marketing

Yang banyak menjadi pertanyaan bagi pemula di bidang bisnis online atau internet marketing saat ini adalah bagaimana caranya memulai dalam menjalankan bisnis internet marketing dan juga apa saja yang di butuhkan dalam menjalankan bisnis online tersebut, selain itu terdapat pula pertanyaan bagaimana caranya agar bisnis internet marketing yang di jalankan dapat mendatangkan penghasilan yang cukup besar. Yang perlu di cermati di sini dalam menjalankan bisnis internet marketing tersebut tidaklah berbeda dengan kebanyakan bisnis yang di lakukan di dunia nyata. Karena, dalam menjalankan bisnis online ini juga di perlukan kemampuan dalam menerapkan konsep pemasaran atau marketing yang cermat dan tepat sasarannya, karena di sini juga di perlukan analisa pasar dan juga riset produk yang di butuhkan oleh banyak masyarakat saat ini dan kedepannya. Untuk memulai menjalankan bisnis online atau internet marketing ini, yang pertama kali harus di persiapkan adalah konsep dan tujuan pemasaran dari pro

Pelopor Ilmu Komunikasi

Gambar
Apa yang pertama kali terlintas di pikiran anda jika mendengar kata ilmu komunikasi?. Bagi anda yang sedang belajar ilmu komunikasi tentu saja memahami ilmu komunikasi, mulai dari defenisinya, sifatnya, unsur-unsur yang ada di dalamnya dan lain sebagainya yang berkaitan dengan ilmu komunikasi. Sementara bagi anda yang tidak mendalami ilmu komunikasi mungkin hanya mengetahui hal-hal yang bersifat umum dari komunikasi itu sendiri, seperti berbicara, nonton TV, mendengar radio, nonton film, dengar musik, membaca ataupun saat anda mengakses internet. semua kegiatan diatas adalah bebrapa bentuk pengaplikasian atau perilaku komunikasi. Lalu bagaimana dengan "ilmu" komunikasi? yang namanya ilmu sudah tentu harus bersifat ilmiah, demikian juga dengan ilmu komunikasi, dan semua ilmu pasti ada ahli atau pihak-pihak yang memulai merintisnya. Nah, pada kesempatan ini, saya ingin berbagai informasi tentang siapa saja yang bertanggung jawab hingga hari ini ilmu komunikasi menjadi salah ilm

Membangun Komunikasi Dua Arah

Komunikasi menjelma menjadi sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan oleh semua orang dalam berinteraksi terutama dalam sebuah organisasi atau perusahaan. untuk itu diperlukan pemahaman yang baik tentang komunikasi demi kelancaran komunikasi itu sendiri. berikut adalah bagaimana kita mengalirkankan pesan dengan komunikasi dua arah... APAKAH PERLU KOMUNIKASI DUA ARAH? Untuk mengetahui apakah Anda memang perlu membangun komunikasi dua arah, coba jawab beberapa pertanyaan berikut. • Apakah anak buah atau bawahan Anda sering datang kepada Anda dan secara nyaman menyampaikan ”unek-unek” mereka? • Apakah Anda dan tim Anda bisa saling menerima kritik tanpa mengambil sikap defensif? • Apakah Anda tahu rasa frustrasi, masalah, keinginan, minat anggota tim Anda? • Apakah Anda sering menanyakan pendapat atau masukan dari anggota tim tentang suatu keputusan yang akan Anda ambil? • Apakah dalam rapat dengan tim, ada kebebasan menyatakan pendapat, memberi usulan dan saran? Jika sebagian besar jawaban

Komunikasi Persuasif

Komunikasi persuasif banyak dimanfaatkan dalam kegiatan pemasaran antara lain dalam pemasaran. Periklanan merupakan bagian dari promotion mix (bauran promosi), bersama-sama dengan kegiatan promotion selling, publisity, dan sales promotion. Sedangkan promotion mix merupakan bagian dari kegiatan marketing mix(product, price, Place dan Promoion). Dengan kata lain iklan merupakan bagian kecil dari kegiatan pemasaran yang lebih luas. Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi persuasif yang merupakan bagian dari kegiatan pemasaran yang bermaksud membujuk khalayak untuk memanfaatkan barnga atau jasa. Banyak jenis-jenis iklan yang dapat digunakan untuk membujuk persuade guna mengenal pesan yang disampaikan melalui iklan. Hanya saja komunikasi persuasif dalam periklanan memiliki audien yang tidak mengetahui secara pasti sumber pengirim, keputusan yang mereka buat, tergantung pada seberapa besar komunikator mempengaruhi atau meyakinkan mereka. Untuk itu diperlukan analisis yang terencana berdas

Internal PR Dalam Perusahaan

Target kegiatan PR dalam konteks ini adalah menjaga suasana diantara para karyawan di dalam badan atau perusahaan. Bagaimana menciptakan komunikasi efektif, keserasian hubungan antara pimpinan dan bawahan, baik secara horisontal maupun vertikal, sehingga dapat memperkuat tim kerja perusahaan. Tiap anggota dari badan atau perusahaan itu, dari tingkat pimpinan sampai pesuruh, merupakan Public Relations Officer yang tidak resmi. Dimana segala perilaku mereka mendapat sorotan dari publik dan dapat mempengaruhi nama baik perusahaan.Keluarga karyawan juga mempunyai andil besar dalam menciptakan hubungan baik. Karena ketentraman keluarga akan berpengaruh pada ketentraman bekerja pegawai. Usaha yang bisa ditempuh Internal Public Relations yaitu : • Pengumuman-pengumuman, mengumumkan program kerja serta hasil-hasil yang telah atau masih harus dicapai perusahaan. Biasanya bersifat insidental seperti rapat kerja. • Buku pegangan pegawai, memuat program kerja secara rinci, tujuan perusahaan ser

Perkembangan Humas Di Dunia

Dalam sejarahnya istilah Public Relations sebagai sebuah teknik menguat dengan adanya aktivitas yang dilakukan oleh pelopor Ivy Ledbetter Lee yang tahun 1906 berhasil menanggulangi kelumpuhan industri batu bara di Amerika Serikat dengan sukes. Atas upayanya ini ia diangkat menjadi The Father of Public Relations.   Dalam kurun waktu 100 tahun terakhir ini PR mengalami perkembangan yang sangat cepat. Namun perkembangan PR dalam setiap negara itu tak sama baik bentuk maupun kualitasnya.Proses perkembangan PR lebih banyak ditentukan oleh situasi masyarakat yang kompleks. Perkembangan PR sebenarnya bisa dikaitkan dengan keberadaan manusia. Unsur-unsur memberi informasi kepada masyarakat, membujuk masyarakat, dan mengintegrasikan masyarakat, adalah landasan bagi masyarakat. Tujuan, teknik, alat dan standar etika berubah-ubah sesuai dengan berlalunya waktu. Misalnya pada masa suku primitif mereka menggunakan kekuatan, intimidasi atau persuasi ntuk memelihara pengawasan terhadap p

PR Tools And Technologies

Para public relation mengerjakan pekerjaan mereka dengan menggunakan berbagai macam peralatan dan teknologi yang dapat membantu mereka dalam menciptakan, menyampaikan dan membawa komunikasi mereka secara efisien dan efektif atas nama klien dan perusahaan. Peralatan yang mendominasi dalam public relation sudah terlihat sejak awal tahun 1900an, yaitu news release, pitch letters dan press kits. News Release. Digunakan untuk menyampaikan berita dan informasi yang bersifat umum untuk para editor dan repoter. Pitch Letter. Digunakan untuk mengulas secara lebih meluas tentang suatu keterangan tertentu. Ini biasanya digunakan secara eksklusif kepada siapa saja yang dikirimkan. Press Kit. Biasanya termasuk cover surat dan news release meliputi informasi mengenai apa saja yang telah dipromosikan. Misalkan produk, pelayanan, kampanye, atau acara serta material pendukungnya, seperti brosur, biografi, foto dan business card. Walaupun peralatan dan teknologi yang konvensiona

Perspektif Dasar Public Relations

Beberapa Pandangan Tentang Public Relations Humas atau Public Relations akan sangat dipengaruhi faktor-faktor lingkungan dimana Public Relations itu dipraktekkan. Edward L. Berneys dalam buku Public Relations menyatakan PR memiliki tiga macam arti:memberi informasi kepada masyarakat persuasi yang dimaksudkan untuk mengubah sikap dan tingkah laku masyarakat terhadap lembaga demi kepentingan kedua belah pihak usaha untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan antar lembaga dengan sikap perbuatan masyarakat dan sebaliknya. Melvin Sharpe (dalam Kasali, 2005: 8-9) menyebut lima prinsip hubungan harmonis: komunikasi yang jujur untuk memperoleh kredibilitas keterbukaan dan konsistensi terhadap langkah-langkah yang diambil untuk memperoleh keyakinan orang lain langkah-langkah yang fair untuk mendapatkan hubungan timbal balik dan goodwill komunikasi dua arah yang terus menerus untuk mencegah keterasingan dan untuk membangun hubungan evaluasi dan riset terhadap lingkungan untuk