PR Tools And Technologies
Para public relation mengerjakan pekerjaan mereka
dengan menggunakan berbagai macam peralatan dan teknologi yang dapat
membantu mereka dalam menciptakan, menyampaikan dan membawa komunikasi
mereka secara efisien dan efektif atas nama klien dan perusahaan.
Peralatan yang mendominasi dalam public relation sudah terlihat sejak awal tahun 1900an, yaitu news release, pitch letters dan press kits.
News Release. Digunakan untuk menyampaikan berita dan informasi yang bersifat umum untuk para editor dan repoter.
Pitch Letter. Digunakan untuk mengulas secara lebih meluas tentang suatu keterangan tertentu. Ini biasanya digunakan secara eksklusif kepada siapa saja yang dikirimkan.
Press Kit. Biasanya termasuk cover surat dan news release meliputi informasi mengenai apa saja yang telah dipromosikan. Misalkan produk, pelayanan, kampanye, atau acara serta material pendukungnya, seperti brosur, biografi, foto dan business card.
Walaupun peralatan dan teknologi yang konvensional memiliki peranan yang dominant dalam pelaksanaan public relation, namun mereka secara cepat digantikan dengan peralatan dan teknologi yang dibangun secara lebih maju yaitu pada video, audio dan komunikasi komputer. Bentuk teknologi yang bervariasi tersebut telah memberikan para pelaksana public relation mempunyai peluang untuk meraih ribuan orang secara langsung dan lebih personal yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Video News Release atau VNR merupakan sebuah penyampaian berita melalui siaran televisi yang disediakan untuk sebuah program berita secara cuma cuma selama digunakan pada saat penyiaran berita berlangsung. VNR lebih sering digunakan untuk health care, konsumen, teknologi, travel dan juga riwayat bisnis. Walaupun mahal dalam pembuatannya, VNR daoat membangkitkan publisitas dalam pasar yang kecil, sedang dan besar secara lebih meluas; khususnya ketika membandingkan pada berapa yang harus dikeluarkan suatu organisasi dalam membayar iklan untuk memperoleh airtime dan perhatian yang sebanding. VNR memiliki karakteristik yaitu durasinya harus lebih dari 90 detik hingga 2 menit dan mengandung trek audio terpisah yang berhubungan dengan proses wawancara sehingga stasiun dapat mengganti dengan suara reporter mereka sendiri.
Webcasts adalah bentuk dari produksi penyiaran yang menggabungkan aliran video dengan audio. ini digunakan untuk menyampaikan kegiatan konferensi pers atau acara lainnya secara langsung ke layer komputer melalui jaringan internet sehingga dapat ditampilkan secara langsung kepada para pemirsanya
E-SMTS atau media melalui internet memerlukan sedikit yang harus dilakukan dengan menggunakan satelit dan banyak yang harus dilakukan dengan mengguanakan komputer dalam pengaplikasianya. Seperti webcast, E-SMT menyediakan cara yang mudah bagi para klien public relation untuk meperbolehkan media dan partisipasi lain dalam konferensi pers, dimana mereka dapat menonton acara tersebut pada progress dan pertanyaan yang dikirimkan lewat email sebelum, selama, setelah acara tersebut.
Electronic Press Kits ( E-Kits) merupakan versi internet atau email dari perangkat pers yang dibuat dalam bentuk cetak. E-Kits dapat menjadi sesimpel atau secanggih imajinasi kreatornya. Ini juga dapat diproduksi sebagai CD-ROM. Blog berguna untuk menyebarkan berita, rumor, isu, kejadian menarik, dan opini secara cepat. Banyak PR yang mengawasi beberapa blog tertentu yang membawa berita dan target industri yang spesifik atau objek-objek lainnya untuk melihat apa yang mereka ciptakan yang mungkin dapat membawa pengaruh bagi perusahaan atau klien mereka.
Online Advocacy System, seperti contohnya ARENA dari Lesgislative Demographic Service, membolehkan para perusahaan untuk mengatur kampanye secara online yang bertujuan mengikat karyawan, investor, pelanggan, dan bagian-bagian lain yang berperan besar dalam kegiatan promosi.
Email sejauh ini telah menjadi metode yang berperan besar pada public relation dalam mengadakan hubungan atau kontak dengan pers. Ini digunakan untuk mendistribusikan news release namun pertumbuhannya pun tidak meningkat secara signifikan karena banyak reporter dan editor yang takut terkena virus komputer yang biasanya datang dari attachment pada email.
TECHNOLOGY:
NEW ADVERTISING MEDIA
Iklan berkembang seiring perkembangan media massa. Teknologi yang paling berperan dalam perkembangan industri iklan adalah penggunaan internet. Iklan pada blog, intermercial dan button adalah beberapa bentuk penggunaannya. Beberapa orang menyatakan internet tidak hanya mampu menjangkau khalayak yang beragam tetapi juga salah satu cara memperluas keefektifan dari media-media tradisional sebelumnya seperti koran, majalah, radio, dan televisi.
Internet merupakan sumber data yang responsif dan fleksibel dimana ada pertukaran message secara dua arah yang terjadi. Selain itu, fitur pada internet pun memungkinkan para pembuat iklan untuk berkomunikasi dengan konsumennya dengan cara yang nontradisional yang berguna untuk menumbuhkan dan menciptakan hubungan yang lebih erat dan personal kepada para konsumennya yang nantinya dapat membangun hubungan yang kuat pada merek.
Perkembangan pada internet melahirkan melibatkan Viral Marketing. Bentuk iklan yang satu ini melibatkan tim pemasaran yang mengikat diri untuk berpartisipasi dalam hal bertukar informasi mengenai suatu produk di dalam chat room dan pada message board di internet. Startegi iklan tersebut berguna untuk memberikan dorongan kepada diskusi mengenai hal hal yang berhubungan dengan merk produk yang ingin dipasarkan.
Teknologi informasi telah menciptakan dan akan terus menerus untuk menciptakan cara baru dalam membangun hubungan antara konsumen dengan merek. Database marketing membuat hal tersebut menjadi mungkin. Para pengiklan menyediakan informasi mengenai konsumen, data tersebut dikumpulkan dan disimpan.
E-commerce merujuk pada rentang yang luas mengenai transaksi yang bersifat komersial, serta pembelian yang terjadi melalui internet. Konsumen dapat mengunjungi situs dengan produk yang komparattif dan informasi mengenai harga, bertanya, membaca review dari konsumen yang lain dan bahkan melengkapi pembelian mereka. Ini merupakan teknologi yang impulsif dan direksional.
Digital Video Recorder (DVR) merupakan bentuk teknologi lain yang memicu pertumbuhan dunia periklanan khususnya pada para pengiklan. Lebih dari 75 persen para pengiklan merasa bahwa DVR akan mempunyai efek yang signifikan dalam menciptakan alternatif metode periklanan pada televisi. DVR memberikan para konsumen pengontrolan pada apa yang ingin mereka tonton, tidak seperti televisi komersial biasa. Para pengiklan yakin bahwa pengemasan bentuk iklan seperti ini, yang disebut pula dengan advertainment, akan memperoleh popularitas. Dengan ini para perusahaan semakin banyak yang beriklan di internet dengan memasang iklan dalam bentuk yang interaktif. Para perusahaan yang ingin beriklan akan mendatangi biro iklan dan kemudian membayar sejumlah dana untuk mendapatkan iklan yang cocok untuk produknya. Selanjutnya, biro iklan akan membeli satuan waktu yang digunakan untuk menyiarkan iklan tersebut. Maka media akan menyentuh khalayak melalui iklan yang ditampilkan dan menyerahkan sepenuhnya kepada khalayak untuk membeli produk yang telah diiklankan atau tidak. Teater periklanan juga merupakan kategori periklanan yang cukup penting. Saat ini teater periklanan telah diperluas dari hanya sekedar spot preshow dan slide, trailer, atau preview, menjadi upcoming news release.
Komunikasi tidak hanya menyangkut media massa. Public relation dan Iklan juga bagian dari ilmu komunikasi. Public relation (PR) di Indonesia dikenal dengan istilah Hubungan Masyarakat (Humas). Dalam wikipedia dinyatakan kalau PR merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu sehingga membuat masyarakat mengerti dan menerima situasi tersebut. Sedangkan iklan, merupakan salah satu cara untuk mempromosikan barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sponsor. Pemasaran iklan merupakan bagian dari strategi promosi secara keseluruhan.
Ada beragam kemajuan dan perkembangan dalam ilmu PR dan Iklan. Perkembangan ini tak hanya terjebak dalam teori. Akan tetapi juga pada segi praktek. Penggunaan teknologi membuat keduanya bisa menyampaikan informasi ke khalayak, lebih luas dan lebih baik.
Para praktisi hubungan masyarakat (humas) melakukan pekerjaan mereka dengan berbagai macam alat dan teknologi mulai dari pensil untuk sketsa hingga menggunakan internet untk mengumpulkan bahan. Produk kehumasan diciptakan sedemikian rupa untuk menjadi jembatan penghubung antara pihak perusahaan dengan khalayaknya.
The Tried and True
Di awal tahun 1900an, ketika para professional humas mulai menunjukan keberadaannya, mereka menggunakan media seperti siaran pers, siaran berita, peralatan berita, hingga surat yang dikirimkan pada klien mereka (pitch letter) dalam rangka menjaga hubungan agar tetap harmonis. Siaran atau rilis digunakan untuk menyampaikan berita dan informasi untuk nantinya disebarkan melalui media cetak atau elektronik. Pitch letters digunakan untuk memberikan berita dengan cakupan informasi yang luas. Seperangkat peralatan media biasanya terdiri dari surat pengantar, siaran pers mengenai sesuatu yang ingin dipublikasikan, beberapa brosur, biografi, foto, dan kartu bisnis.
Walaupun perangkat yang sederhana dan lazim digunakan terus menerus mendominasi kegiatan kehumasan, saat ini para praktisi humas sudah mlai menggunakan teknologi seperti video atau audio. Biasanya untuk menjelaskan tentang perusahaan dapat dilakukan dengan membuat sebuah film singkat mengenai perusahaan yang nantinya dikemas dalam bentuk cd. Alat-alat hasil perkembangan teknologi ini mampu menjangkau khalayak sangat luas dimana dahulu itu dianggap mustahil.
The New and Newest
Ada beberapa perkembangan teknologi pada dunia PR. Diantaranya munculnya teknologi baru seperti di bidang press releases seperti munculnya video news releases (VNR), webcast, dan satelit media tours (SMT).
Video News Release atau video siaran berita adalah sebuah penyampaian berita melalui siaran televisi yang diberikan untuk sebuah program berita secara cuma cuma selama digunakan pada saat penyiaran berita. Video news release memiliki karakteristik yaitu durasinya harus lebih dari 90 detikhingga 2 menit dan mengandung trek audio terpisah yang berhubungan dengan proses wawancara, sehingga nantinya dapat diisi dengan suara reporter dari media yang telah menerima video news release ini. VNR didistribusikan melalui satelit dan rekaman yang bermanfaat untuk transmisi digital atau internet.
Edited B-Roll (Outtake) Packages merupakan bentuk dari video news release. Didalamnya terdapat 3 hingga 5 menit video yang belum diedit bersamaan dengan sejumlah skrip yang telah dicetak yang disebut dengan slates yang berfungsi untuk membantu memfasilitasi proses pengeditan. B-rolls lebih murah dibandingkan dengan vnr dan terkadang bekerja secara lebih cepat.
Webcasts adalah bentuk dari produksi penyiaran yang menggabungkan aliran video dengan audio. Peralatan ini digunakan untuk menyampaikan kegiatan konferensi pers secara langsung yang dikirimkan melalui jaringan internet sehingga dapat ditampilkan secara langsung kepada para pemirsa yang berkaitan dengan konferensi pers tersebut.
Satelit Media Tours (SMT) merupakan suatu perkembangan teknologi yang dapat memudahkan pembicara dalam suatu seminar atau konferensi pers untuk dapat diwawancara secara langsung pada 15 hingga 25 stasiun televisi di seluruh dunia. Dengan SMT ini, seorang pembicara selebriti atau perusahaan dapat menghabiskan beberapajam saja di dalam studio siaran atau di dalam lokasi tempat wawancara berlangsung bersamaan dengan siran tersebut ditampilkan di layar televisi secara langsung.
E-SMTS atau media satelit yang menggunakan jaringan internet memerlukan komputer dan internet dalam pengaplikasianya. Sama halnya seperti Webcast, E-SMT menyediakan cara yang mudah bagi seorang klien humas untuk meperbolehkan partisipasi lain dalam konferensi persnya. Siaran pers yang interaktif dapat dikirimkan melalui surat elektronik (email) atu dipasang pada website untuk dapat dilihat oleh setiap orang.
Cakupan dari sebuah siaran pers agar bersifat menarik adalah harus mencakup 5 w+1h (what,when,where,who,why and how) serta harus mengandung nilai berita. Nilai berita bisa berupa faktor yang dapat menarik minat pembaca sperti hal hal yang sifatnya besar besaran, langka, ada unsur kedekatan, berhubungan dengan orang terkenal atau petinggi negara, dan aneh atau jarang terjadi.
Electronic Press Kits ( E-Kits) merupakan versi internet dari perangkat pers yang biasanya hanya dibuat dalam bentuk cetak. Blog berguna untuk menyebarkan berita, rumor, isu, kejadian menarik, dan opini yang ditujukan kepada khalayak sesuai dengan tujuan kehumasan. Yaitu membina hubungan baik, menciptakan kepercayaan, dan saling pengertian diantara perusahaan dan khalayak.
Online Advocacy System, atau salah satu contohnya adalah arena merupakan layanan demografis legislatif yang memudahkan organisasi utnuk mengatur kampanye secara online yang bertujuan mengikat karyawan, investor, pelanggan, dan bagian yang berhunungan dengan suatu perusahaan. Layanan ini pada akhirnya bertujuan untuk mempromosikan sebuah keuntungan.
Online Media Database dibuat para praktisi humas untuk menyusun hal hal yang berhubungan dengan perusahaan sehingga dapat diperlihatkankepada publik. Sedangkan Online Tracking And Monitoring System membantu humas dalam memonitor media apa yang mencantumkan berita mengenai perusahaan tempat humas itu bekerja, seperti apa berita yang dicantumkan, apa efeknya, dan bagaimana tanggapan pelanggan.
Pada akhirnya, teknologi telah membantu para praktisi kehumasan dalam membina hubungan baik dengan publiknya. Dengan kemajuan di bidang internet dan media online lain, humas dapat lebih mudah menggali binformasi dan menentukan langkah untuk memajukan citra positif atas perusahaannya.
Peralatan yang mendominasi dalam public relation sudah terlihat sejak awal tahun 1900an, yaitu news release, pitch letters dan press kits.
News Release. Digunakan untuk menyampaikan berita dan informasi yang bersifat umum untuk para editor dan repoter.
Pitch Letter. Digunakan untuk mengulas secara lebih meluas tentang suatu keterangan tertentu. Ini biasanya digunakan secara eksklusif kepada siapa saja yang dikirimkan.
Press Kit. Biasanya termasuk cover surat dan news release meliputi informasi mengenai apa saja yang telah dipromosikan. Misalkan produk, pelayanan, kampanye, atau acara serta material pendukungnya, seperti brosur, biografi, foto dan business card.
Walaupun peralatan dan teknologi yang konvensional memiliki peranan yang dominant dalam pelaksanaan public relation, namun mereka secara cepat digantikan dengan peralatan dan teknologi yang dibangun secara lebih maju yaitu pada video, audio dan komunikasi komputer. Bentuk teknologi yang bervariasi tersebut telah memberikan para pelaksana public relation mempunyai peluang untuk meraih ribuan orang secara langsung dan lebih personal yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Video News Release atau VNR merupakan sebuah penyampaian berita melalui siaran televisi yang disediakan untuk sebuah program berita secara cuma cuma selama digunakan pada saat penyiaran berita berlangsung. VNR lebih sering digunakan untuk health care, konsumen, teknologi, travel dan juga riwayat bisnis. Walaupun mahal dalam pembuatannya, VNR daoat membangkitkan publisitas dalam pasar yang kecil, sedang dan besar secara lebih meluas; khususnya ketika membandingkan pada berapa yang harus dikeluarkan suatu organisasi dalam membayar iklan untuk memperoleh airtime dan perhatian yang sebanding. VNR memiliki karakteristik yaitu durasinya harus lebih dari 90 detik hingga 2 menit dan mengandung trek audio terpisah yang berhubungan dengan proses wawancara sehingga stasiun dapat mengganti dengan suara reporter mereka sendiri.
Webcasts adalah bentuk dari produksi penyiaran yang menggabungkan aliran video dengan audio. ini digunakan untuk menyampaikan kegiatan konferensi pers atau acara lainnya secara langsung ke layer komputer melalui jaringan internet sehingga dapat ditampilkan secara langsung kepada para pemirsanya
E-SMTS atau media melalui internet memerlukan sedikit yang harus dilakukan dengan menggunakan satelit dan banyak yang harus dilakukan dengan mengguanakan komputer dalam pengaplikasianya. Seperti webcast, E-SMT menyediakan cara yang mudah bagi para klien public relation untuk meperbolehkan media dan partisipasi lain dalam konferensi pers, dimana mereka dapat menonton acara tersebut pada progress dan pertanyaan yang dikirimkan lewat email sebelum, selama, setelah acara tersebut.
Electronic Press Kits ( E-Kits) merupakan versi internet atau email dari perangkat pers yang dibuat dalam bentuk cetak. E-Kits dapat menjadi sesimpel atau secanggih imajinasi kreatornya. Ini juga dapat diproduksi sebagai CD-ROM. Blog berguna untuk menyebarkan berita, rumor, isu, kejadian menarik, dan opini secara cepat. Banyak PR yang mengawasi beberapa blog tertentu yang membawa berita dan target industri yang spesifik atau objek-objek lainnya untuk melihat apa yang mereka ciptakan yang mungkin dapat membawa pengaruh bagi perusahaan atau klien mereka.
Online Advocacy System, seperti contohnya ARENA dari Lesgislative Demographic Service, membolehkan para perusahaan untuk mengatur kampanye secara online yang bertujuan mengikat karyawan, investor, pelanggan, dan bagian-bagian lain yang berperan besar dalam kegiatan promosi.
Email sejauh ini telah menjadi metode yang berperan besar pada public relation dalam mengadakan hubungan atau kontak dengan pers. Ini digunakan untuk mendistribusikan news release namun pertumbuhannya pun tidak meningkat secara signifikan karena banyak reporter dan editor yang takut terkena virus komputer yang biasanya datang dari attachment pada email.
TECHNOLOGY:
NEW ADVERTISING MEDIA
Iklan berkembang seiring perkembangan media massa. Teknologi yang paling berperan dalam perkembangan industri iklan adalah penggunaan internet. Iklan pada blog, intermercial dan button adalah beberapa bentuk penggunaannya. Beberapa orang menyatakan internet tidak hanya mampu menjangkau khalayak yang beragam tetapi juga salah satu cara memperluas keefektifan dari media-media tradisional sebelumnya seperti koran, majalah, radio, dan televisi.
Internet merupakan sumber data yang responsif dan fleksibel dimana ada pertukaran message secara dua arah yang terjadi. Selain itu, fitur pada internet pun memungkinkan para pembuat iklan untuk berkomunikasi dengan konsumennya dengan cara yang nontradisional yang berguna untuk menumbuhkan dan menciptakan hubungan yang lebih erat dan personal kepada para konsumennya yang nantinya dapat membangun hubungan yang kuat pada merek.
Perkembangan pada internet melahirkan melibatkan Viral Marketing. Bentuk iklan yang satu ini melibatkan tim pemasaran yang mengikat diri untuk berpartisipasi dalam hal bertukar informasi mengenai suatu produk di dalam chat room dan pada message board di internet. Startegi iklan tersebut berguna untuk memberikan dorongan kepada diskusi mengenai hal hal yang berhubungan dengan merk produk yang ingin dipasarkan.
Teknologi informasi telah menciptakan dan akan terus menerus untuk menciptakan cara baru dalam membangun hubungan antara konsumen dengan merek. Database marketing membuat hal tersebut menjadi mungkin. Para pengiklan menyediakan informasi mengenai konsumen, data tersebut dikumpulkan dan disimpan.
E-commerce merujuk pada rentang yang luas mengenai transaksi yang bersifat komersial, serta pembelian yang terjadi melalui internet. Konsumen dapat mengunjungi situs dengan produk yang komparattif dan informasi mengenai harga, bertanya, membaca review dari konsumen yang lain dan bahkan melengkapi pembelian mereka. Ini merupakan teknologi yang impulsif dan direksional.
Digital Video Recorder (DVR) merupakan bentuk teknologi lain yang memicu pertumbuhan dunia periklanan khususnya pada para pengiklan. Lebih dari 75 persen para pengiklan merasa bahwa DVR akan mempunyai efek yang signifikan dalam menciptakan alternatif metode periklanan pada televisi. DVR memberikan para konsumen pengontrolan pada apa yang ingin mereka tonton, tidak seperti televisi komersial biasa. Para pengiklan yakin bahwa pengemasan bentuk iklan seperti ini, yang disebut pula dengan advertainment, akan memperoleh popularitas. Dengan ini para perusahaan semakin banyak yang beriklan di internet dengan memasang iklan dalam bentuk yang interaktif. Para perusahaan yang ingin beriklan akan mendatangi biro iklan dan kemudian membayar sejumlah dana untuk mendapatkan iklan yang cocok untuk produknya. Selanjutnya, biro iklan akan membeli satuan waktu yang digunakan untuk menyiarkan iklan tersebut. Maka media akan menyentuh khalayak melalui iklan yang ditampilkan dan menyerahkan sepenuhnya kepada khalayak untuk membeli produk yang telah diiklankan atau tidak. Teater periklanan juga merupakan kategori periklanan yang cukup penting. Saat ini teater periklanan telah diperluas dari hanya sekedar spot preshow dan slide, trailer, atau preview, menjadi upcoming news release.
Komunikasi tidak hanya menyangkut media massa. Public relation dan Iklan juga bagian dari ilmu komunikasi. Public relation (PR) di Indonesia dikenal dengan istilah Hubungan Masyarakat (Humas). Dalam wikipedia dinyatakan kalau PR merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu sehingga membuat masyarakat mengerti dan menerima situasi tersebut. Sedangkan iklan, merupakan salah satu cara untuk mempromosikan barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sponsor. Pemasaran iklan merupakan bagian dari strategi promosi secara keseluruhan.
Ada beragam kemajuan dan perkembangan dalam ilmu PR dan Iklan. Perkembangan ini tak hanya terjebak dalam teori. Akan tetapi juga pada segi praktek. Penggunaan teknologi membuat keduanya bisa menyampaikan informasi ke khalayak, lebih luas dan lebih baik.
Para praktisi hubungan masyarakat (humas) melakukan pekerjaan mereka dengan berbagai macam alat dan teknologi mulai dari pensil untuk sketsa hingga menggunakan internet untk mengumpulkan bahan. Produk kehumasan diciptakan sedemikian rupa untuk menjadi jembatan penghubung antara pihak perusahaan dengan khalayaknya.
The Tried and True
Di awal tahun 1900an, ketika para professional humas mulai menunjukan keberadaannya, mereka menggunakan media seperti siaran pers, siaran berita, peralatan berita, hingga surat yang dikirimkan pada klien mereka (pitch letter) dalam rangka menjaga hubungan agar tetap harmonis. Siaran atau rilis digunakan untuk menyampaikan berita dan informasi untuk nantinya disebarkan melalui media cetak atau elektronik. Pitch letters digunakan untuk memberikan berita dengan cakupan informasi yang luas. Seperangkat peralatan media biasanya terdiri dari surat pengantar, siaran pers mengenai sesuatu yang ingin dipublikasikan, beberapa brosur, biografi, foto, dan kartu bisnis.
Walaupun perangkat yang sederhana dan lazim digunakan terus menerus mendominasi kegiatan kehumasan, saat ini para praktisi humas sudah mlai menggunakan teknologi seperti video atau audio. Biasanya untuk menjelaskan tentang perusahaan dapat dilakukan dengan membuat sebuah film singkat mengenai perusahaan yang nantinya dikemas dalam bentuk cd. Alat-alat hasil perkembangan teknologi ini mampu menjangkau khalayak sangat luas dimana dahulu itu dianggap mustahil.
The New and Newest
Ada beberapa perkembangan teknologi pada dunia PR. Diantaranya munculnya teknologi baru seperti di bidang press releases seperti munculnya video news releases (VNR), webcast, dan satelit media tours (SMT).
Video News Release atau video siaran berita adalah sebuah penyampaian berita melalui siaran televisi yang diberikan untuk sebuah program berita secara cuma cuma selama digunakan pada saat penyiaran berita. Video news release memiliki karakteristik yaitu durasinya harus lebih dari 90 detikhingga 2 menit dan mengandung trek audio terpisah yang berhubungan dengan proses wawancara, sehingga nantinya dapat diisi dengan suara reporter dari media yang telah menerima video news release ini. VNR didistribusikan melalui satelit dan rekaman yang bermanfaat untuk transmisi digital atau internet.
Edited B-Roll (Outtake) Packages merupakan bentuk dari video news release. Didalamnya terdapat 3 hingga 5 menit video yang belum diedit bersamaan dengan sejumlah skrip yang telah dicetak yang disebut dengan slates yang berfungsi untuk membantu memfasilitasi proses pengeditan. B-rolls lebih murah dibandingkan dengan vnr dan terkadang bekerja secara lebih cepat.
Webcasts adalah bentuk dari produksi penyiaran yang menggabungkan aliran video dengan audio. Peralatan ini digunakan untuk menyampaikan kegiatan konferensi pers secara langsung yang dikirimkan melalui jaringan internet sehingga dapat ditampilkan secara langsung kepada para pemirsa yang berkaitan dengan konferensi pers tersebut.
Satelit Media Tours (SMT) merupakan suatu perkembangan teknologi yang dapat memudahkan pembicara dalam suatu seminar atau konferensi pers untuk dapat diwawancara secara langsung pada 15 hingga 25 stasiun televisi di seluruh dunia. Dengan SMT ini, seorang pembicara selebriti atau perusahaan dapat menghabiskan beberapajam saja di dalam studio siaran atau di dalam lokasi tempat wawancara berlangsung bersamaan dengan siran tersebut ditampilkan di layar televisi secara langsung.
E-SMTS atau media satelit yang menggunakan jaringan internet memerlukan komputer dan internet dalam pengaplikasianya. Sama halnya seperti Webcast, E-SMT menyediakan cara yang mudah bagi seorang klien humas untuk meperbolehkan partisipasi lain dalam konferensi persnya. Siaran pers yang interaktif dapat dikirimkan melalui surat elektronik (email) atu dipasang pada website untuk dapat dilihat oleh setiap orang.
Cakupan dari sebuah siaran pers agar bersifat menarik adalah harus mencakup 5 w+1h (what,when,where,who,why and how) serta harus mengandung nilai berita. Nilai berita bisa berupa faktor yang dapat menarik minat pembaca sperti hal hal yang sifatnya besar besaran, langka, ada unsur kedekatan, berhubungan dengan orang terkenal atau petinggi negara, dan aneh atau jarang terjadi.
Electronic Press Kits ( E-Kits) merupakan versi internet dari perangkat pers yang biasanya hanya dibuat dalam bentuk cetak. Blog berguna untuk menyebarkan berita, rumor, isu, kejadian menarik, dan opini yang ditujukan kepada khalayak sesuai dengan tujuan kehumasan. Yaitu membina hubungan baik, menciptakan kepercayaan, dan saling pengertian diantara perusahaan dan khalayak.
Online Advocacy System, atau salah satu contohnya adalah arena merupakan layanan demografis legislatif yang memudahkan organisasi utnuk mengatur kampanye secara online yang bertujuan mengikat karyawan, investor, pelanggan, dan bagian yang berhunungan dengan suatu perusahaan. Layanan ini pada akhirnya bertujuan untuk mempromosikan sebuah keuntungan.
Online Media Database dibuat para praktisi humas untuk menyusun hal hal yang berhubungan dengan perusahaan sehingga dapat diperlihatkankepada publik. Sedangkan Online Tracking And Monitoring System membantu humas dalam memonitor media apa yang mencantumkan berita mengenai perusahaan tempat humas itu bekerja, seperti apa berita yang dicantumkan, apa efeknya, dan bagaimana tanggapan pelanggan.
Pada akhirnya, teknologi telah membantu para praktisi kehumasan dalam membina hubungan baik dengan publiknya. Dengan kemajuan di bidang internet dan media online lain, humas dapat lebih mudah menggali binformasi dan menentukan langkah untuk memajukan citra positif atas perusahaannya.
Komentar